Skip to content

Center of Energy for Society and Industry

Research and Community Development

Menu
  • About
    • Imprint
    • Why CESI?
    • Visi Misi Tujuan
    • Contact
  • Roadmap
  • Scope
  • Organization
  • Researcher
  • Project
    • Research
    • PkM
  • Output
    • Articles
    • Patent
  • Event
Menu

Tiga Mahasiswa di CESI UNIMMA Berhasil Publikasi Artikel di Jurnal Terakreditasi Peringkat 2

Posted on August 6, 2023

Dua mahasiswa Mesin Otomotif, Prima Nofan Ryastama, Damar Setyo Prakasa, dan Muhammad Latifur Rochman berhasil mempublikasikan artikel di Jurnal Rekayasa Mesin, sebuah jurnal nasional terakreditasi peringkat 2. Artikel berjudul “Studi Eksperimen Kinerja Sistem Refrigerasi Setengah Siklus Pada Kendaraan Berbahan Bakar LPG” dihasilkan dari penelitian yang dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Muji Setiyo, M.T., sekaligus sebagai ketua di Pusat Studi Center of Energy for Society and Industry (CESI) Universitas Muhammadiyah Magelang. Prima Nofan Ryastama dan Damar Setyo Prakasa merupakan mahasiswa tingkat akhir di Progarm Studi Mesin Otomotif (D3), sedangkan Muhammad Latifur Rochman adalah mahasiswa di Program Studi Teknik Mesin (S1).

Sesuai dengan Peraturan Rektor UNIMMA Nomor 0259/PER/II/3/AU/F/2020 tentang Penghargaan Akademik Terahadap Prestasi Mahasiswa Luar Biasa dan Kegiatan Luar Biasa Mahaiswa Unimma, Prima Nofan Ryastama dan Damar Setyo Prakasa berhak untuk mendapatkan penghargaan akademik berupa penyetaraan dengan Tugas Akhir dari artikel ini.

Artikel tersebut membahas tentang pemanenan efek pendinginan (cooling effect) pada kendaraan dengan bahan bakar LPG. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh efek pendinginan aktual yang dapat dipertimbangkan sebagai sistem AC sekunder. Dalam studi kami kali ini, evaporator dibuat secara khusus untuk tujuan optimasi. Pengujian efek pendinginan dilakukan pada kecepatan blower level 1, 2, dan 3 dap pada kecepatan mesin 1000, 2000, dan 3000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek pendinginan paling rendah diperoleh pada kecepatan blower level 1 dengan putaran mesin 1000 rpm (65,42 Watt) dan paling tinggi pada kecepatan blower level 3 dengan putaran mesin 3000 rpm (372,82 Watt). Untuk dapat dimanfaatkan sebagai sistem AC sekunder, perlu riset lanjutan untuk mengintegrasikan sistem ini pada kabin kendaraan. Sistem integrasi dapat dilakukan dengan sistem seri, parallel, maupun cascade. Oleh karenanya, penelitian ini dilanjutkan oleh Muhammad Latifur Rochman dalam rangka penyelesaian Skripsi di tahun ini.

STUDI EKSPERIMEN KINERJA SISTEM REFRIGERASI SETENGAH SIKLUS PADA KENDARAAN BERBAHAN BAKAR LPGDownload
Post Views: 834

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

  • Prof. Muji Setiyo (CESI Researcher’s) Conduct Lecturer Mobility at Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Indonesia
  • Urutan Menyusun Deskripsi Paten
  • Peneliti CESI Juara Academic Leader 2023 LLDikti 6 Jawa Tengah Bidang Teknologi
  • Research Spotlight: Application of a PEM Fuel Cell Engine as a Small-Scale Power Generator for Small Cars with Different Fuel Concentrations
  • Energi yang Memanusiakan

Archives

  • October 2023
  • September 2023
  • August 2023

Categories

  • Artikel
  • Pelatihan
  • Penelitian
  • PKM
  • Research Spotlight
©2025 Center of Energy for Society and Industry | Design: Newspaperly WordPress Theme